Definisi Wanita Sophisticated Versus Wanita Domies.

domestikwanitaWanita sophisticated, atau di website annisanation ini disingkat dengan wanita sophis, adalah wanita canggih, yaitu wanita yang mendapat pendidikan, dalam banyak kasus mendapat pendidikan tinggi setinggi-tingginya, kemudian juga bekerja mencari uang, biasa disebut wanita karir, mereka mempunyai pekerjaan sebagaimana halnya kaum laki-laki, dalam banyak kasus mereka menjadi bos di Kantor, kepala bagian, memimpin rapat, bahkan menjadi Menteri atau Presiden sekali pun. Mereka pandai berbicara khususnya di muka umum (berpidato), pandai mengungkapkan isi fikirannya, mempunyai idealisme tertentu. Wanita sophis adalah wanita yang selain canggih karena berpendidikan tinggi dan mempunyai pekerjaan dan karir, juga berjuang untuk melepaskan diri dan kaumnya dari belenggu yang ditimpakan kaum pria (termasuk agama dan negara) atas mereka sejak jaman purba. Domain mereka adalah ranah publik.

Wanita domies, adalah wanita yang sederhana, bahkan teramat sederhana, mereka tidak mendapatkan pendidikan sejak kapan pun kecuali pendidikan untuk ibadatnya, mereka tidak sekolah, dan oleh karena itu juga tidak keluar rumah untuk bekerja sebagaimana kaum laki-laki. Wanita domies hanya mengerti ibadat, mengurus anak, patuh kepada suami dan menguasai seluruh keterampilan ber-rumahtangga. Di dalam banyak kasus mereka tidak pandai berbicara di muka umum, mereka tidak pandai mengungkapkan isi fikiran mereka. Wilayah mereka biasanya hanya privat.

Di website ini digunakan kata domies yang berasal dari kata ‘domestik’, berarti insan rumahan, dan oleh karenanya menjadi individu yang sederhana penuh kesabaran, yang tidak mengerti apa-apa kecuali patuh kepada Tuhan, orang tua, kodrat dan patuh kepada suami, serta hanya memikirkan cara terbaik untuk membesarkan anak-anak.

Wanita domies tidak akan dapat menjalani hidup sebagai wanita sophis, begitu juga sebaliknya. Terlebih, wanita sophis merupakan wanita yang memerangi kehidupan wanita domies. Karena ingin memerangi kehidupan domies itulah, mereka berjuang menjadi wanita sophis.

Di alam nyata terdapat perbedaan kentara antara wanita sophis dengan wanita domies. Dan perbedaan itulah yang akan dibahas di dalam wesbite annisanation ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s